by

Aka Berharap Mengikat Kolaborasi dengan Tiga Partai dalam Waktu Dekat

KAPOL.ID–Ahmad Tazakka Bonanza, akrab disapa Aka, masih mencari “perahu” untuk ikut mencalonkan diri pada perhelatan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya.

Sejauh ini, proses sosialisasi Aka sebagai bakal calon bupati Tasikmalaya baru disokong oleh Aka Center, yang berpusat di Pondok Pesantren Al-Idrisiyyah.

Sementara itu, untuk dapat mencalonkan diri sebagai calon bupati, Aka membutuhkan rekomendasi sekurang-kurangnya dari dua partai politik.

Hal tersebut atas dasar Pasal 40 ayat (1) UU No. 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota (UU Pilkada). Pada pasal tersebut ada syarat ambang batas pencalonan kepala daerah, yaitu sedikitnya 20 persen dari jumlah kursi DPRD.

Untuk konteks Kabupaten Tasikmalaya sendiri, tidak ada satu partai politik pun yang dapat memenuhi syarat tersebut, tanpa menjalin koalisi. Sebab tidak ada yang memiliki 10 kursi di DPRD, 20 persen dari total 50 kursi.

Partai Gerindra, pemilik jumlah kursi terbanyak di DPRD Kabupaten Tasikmalaya saja masih membutuhkan teman koalisi. Sebab hanya pempunyai sembilan kursi.

Ikhtiar politik untuk mendapatkan “perahu” sudah Aka lakoni, bersama tim Aka Center. Yaitu dengan menjalin komunikasi dengan semua partai politik yang secara terbuka menerima pendaftaran penjaringan bakal calon bupati.

Dalam hal ini, Aka mengaku sudah mendaftar ke tiga partai politik: Partai Demokrat, Partai Gerindra, dan Partai Amanat Nasional (PAN). Ketiga partai tersebut, hemat Aka, memiliki kesamaan visi dengan dirinya.

“Pada dasarnya kita sangat terbuka untuk bersinergi dan berkolaborasi dengan semua partai. Tentunya partai yang terbuka juga,” ujar Aka, selepas mengembalikan formulir ke DPD PAN, Rabu (24/6/2020).

Bagi Aka, Demokrat, Gerindra, dan PAN sama-sama bervisikan menjadikan Kabupaten Tasikmalaya yang lebih baik lagi. Hal tersebut sesuai dengan visi Aka, “Tasik Baru Tasik Maju”.

“Dari berberapa pertemuan dan kegiatan juga kita sudah ada kecocokan dengan ketiga partai tersebut. Insya Allah kita bisa segera mengikat kolaborasi dengan ketiganya,” Aka menandaskan.

Penilaian partai politik terhadap Aka juga positif. Misalnya, seperti yang diutarakan oleh Ketua DPD PAN Kabupaten Tasikmalaya, Daud Ripai. Bagi Daud, Aka sangat cocok untuk Kabupaten Tasikmalaya.

“Aka sangat paham dengan kondisi Kabupaten Tasikmalaya. Konsep ‘Tasik Baru Tasik Maju’ juga sangat cocok untuk membangun Kabupaten Tasikmalaya, baik pembangunan fisik maupun pembangunan mental masyarakat atau umat,” ujar Daud.

sumber : https://kapol.id/aka-berharap-mengikat-kolaborasi-dengan-tiga-partai-dalam-waktu-dekat/

Comment

News Feed