by

KPU Tasikmalaya Rakor Virtual Bahas Penanganan Pemilihan Serentak Bersama Dirintelkam Polda 

KPU Kabupaten Tasikmalaya bersama dengan Kepolisian Resort Kabupaten dan Kota Tasikmalaya mengikuti rakor virtual yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Barat dan Dirintelkam Polda Jabar pada rabu (03/06/2020).

Dalam rapat tersebut dibahas beberapa permasalahan terkait dengan kesiapan penanganan Pemilihan Serentak Tahun 2020.

Dalam kesempatan tersebut ketua KPU Provinsi Jawa Barat Rifki Ali Mubarok, S.Ag., M. Si menyampaikan bahwa pemerintah dan DPR menyetujui bahwa tahapan lanjutan akan dimulai 15 juni 2020.

Untuk itu ia memerintahkan KPU Kabupaten/Kota untuk menyusun anggaran protokol kesehatan, baik protokol kesehatan diseluruh tahapan maupun protokol kesehatan dalam kegiatan.

“KPU harus berkoordinasi dengan steakholder dalam penerapan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Dirintelkam Polda Jabar Kombes Pol Dedy Kusuma Bakti, S.I.K, MTCP menyampaikan beberapa hal terkait keamanan selama penyelenggaraan Pemilihan serentak tahun 2020.

Dalam kesempatan tersebut Dedy meminta kepada penyelenggara pemilihan agar dapat memanfaatkan covid-19 melalui sosialisasi. Ia juga meminta KPU agar menerapkan Kepatuhan protokol kesehatan baik oleh penyelenggara maupun orang yang terlibat secara ketat.

“Ada baiknya ketua KPU Provinsi ikut dalam rakor gugus tugas supaya bisa mengetahui update situasi terkini, kemudian hasil rakor dipaparkan secara gamblang kepada seluruh penyelenggara” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Dedy juga menjelaskan terkait mekanisme pengumpulan para penyelenggara di daerah sesuai dengan status daerah tersebut.

“Bagi daerah zona biru boleh menggunakan ¾ dari kapasitas lokasi, namun bagi zona kuning tidak boleh melebihi 50% dari kapasitas lokasi” ujarnya menerangkan.

Ia juga menjelaskan terkait pendistribusian logistik, menurutnya untuk pendistribusian logistik pilkada akan diberikan pengecualian di lapangan sebagaimana 9 segmen lainnya agar tidak terkena razia.

“Karena sama-sama menyangkut kepentingan orang banyak,” terangnya.

Rakor Virtual ini diikuti oleh 8 KPU Kabupaten/Kota yang menyelenggarakan Pilkada tahun 2020 ini, juga diikuti oleh kepolisian Resort di setiap daerah.

 


Sumber: https://kab-tasikmalaya.kpu.go.id/2020/06/04/kpu-jabar-bahas-penanganan-pemilihan-serentak-bersama-dirintelkam-polda/

Comment

News Feed