by

Pasca Covid-19, Gelar Diskusi Politik Online Bahas Antusiasme Partisipasi Elektoral Pemilih

KPU Kabupaten Tasikmalaya menggelar Diskusi politik online bersama Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Kabupaten Tasikmalaya pada Rabu (03/06/2020)

Dalam diskusi yang ditayangkan langsung dalam akun instagram KPU Kabupaten Tasikmalaya dan IMM ini dibahas Analisa Antusiasme Partisipasi Elektoral Pemilih Pasca Covid-19 dalam Pilkada 2020.

Ketua Divisi Teknis KPU Kabupaten Tasikmalaya Jajang Jamaludin, S.Ag menjelaskan berbagai teori dari mulai kriteria pemilih, segmentasi pemilih, simpul suara hingga Analisa Rival.

Menurutnya untuk menarik antusiasme elektoral seseorang harus memahami segmentasi pemilih terlebih dahulu. Ia menjelaskan bahwa segmentasi pemilih itu ada 8 yaitu: pemilih pemula/milenial, pemilih perempuan/ibu-ibu, pemilih keagamaan, pemilih marjinal, pemilih komunitas, pemilih warga net, pemilih keluarga dan pemilih pemuda.

“Maka pendekatan atau sosialisasi kepada 8 segmentasi ini pun tentunya harus berbeda” ujarnya.

Ia juga menjelaskan terkait simpul suara, menurutnya pemilih Indonesia masih terpengaruh oleh ketokohan seseorang, maka seorang akan tertarik untuk berpartisipasi pada pemilihan jika seseorang yang ia tokohkan mencalonkan diri atau mendukung salah satu calon.

“Diantara simpul suara yaitu tokoh agama/ajengan/dkm, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh ibu-ibu, kelompok tani, kelompok majelis ta’lim dan lain sebagainya,” ujarnya menerangkan.

Diakhir diskusi ia berharap, walau diselenggarakan ditengah pandemi covid-19 Pilkada tahun 2020 ini dapat berjalan dengan lancar.

 


Sumber: https://kab-tasikmalaya.kpu.go.id/2020/06/04/analisa-antusiasme-partisipasi-elektoral-pemilih-pasca-covid-19/

Comment

News Feed